Hai #KawanBRIN ????????

Sorgum merupakan tanaman serealia multifungsi sebagai sumber pangan, pakan dan bioenergi. Masalah dalam pengembangan sorgum sebagai pangan alternatif potensial saat ini adalah sebagian besar varietas sorgum yang telah dikembangkan saat ini memiliki rasa nasi yang masih pera.

Perbaikan karakter sorgum pangan dengan memanfaatkan teknologi bioinformatika dan bioteknologi genom editing menjadi kunci keberhasilan dalam perbaikan karakter pulen dari tanaman sorgum pangan nasional Indonesia. Oleh karena itu kerja sama konsorsium antar bidang dan institusi diperlukan untuk dapat mempercepat terbentuknya varietas unggul baru sorgum yang diminati masyarakat luas Indonesia.

Untuk itulah Pusat Riset Tanaman Pangan (PRTP), Organisasi Riset Pertanian dan Pangan – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan menyelenggarakan Sharing session #6 bertajuk “Pemanfaatan Bioinformatika dan Bioteknologi “Genome Editing” untuk Perakitan Varietas Sorgum” yang menghadirkan para narasumber yang berkompeten di bidangnya, pada:

???? Kamis, 10 November 2022
⏰ Pukul : 13.30 – 16.30 WIB
Melalui tautan berikut: https://s.id/Zoom_SS6_PRTPORPPBRIN
???? Meeting ID Zoom : 944 5674 3120 Passcode : prtp2022
& LIVE Youtube BRIN INDONESIA pada tautan https://s.id/YouTube_SS6_PRTPORPPBRIN

????️Sambutan oleh:

  1. Puji Lestari, S.P., M.Si., Ph.D. (Kepala Organisasi Riset Pertanian dan Pangan BRIN)
  2. Dr. Yudhistira Nugraha, S.P., M.P (Kepala Pusat Riset Tanaman Pangan BRIN)

???? Narasumber :

  1. Dr. Amin Nur SP., M.Si
    (Balitserealia Kementerian Pertanian), dengan materi: Kebijakan pengembangan sorgum sebagai sumber pangan alternatif di Indonesia;
  2. Prof. Dr. Endang Gati Lestari, M.Si. (Peneliti Pusat Riset Tanaman Pangan BRIN), dengan materi: Pemuliaan sorgum untuk perbaikan kualitas;
  3. Prof. Drs. Ec. Ir. Riyanarto Sarno, M.Sc Ph.D. (Departemen Teknik Informatika ITS), dengan materi: Peran Bioinformatika dalam mendukung percepatan pembentukan varietas unggul baru Sorgum;
  4. Dr. Tri Joko Santoso, SP., M.Si. (Peneliti Pusat Riset Hortikultura dan Perkebunan BRIN), dengan materi: Pemanfaatan Teknologi genom editing untuk perbaikan sifat genetik tanaman sorgum khususnya terhadap mutu beras dan tepung sorgum.

????️Moderator: Prof. Dr. Ir. Amran Muis, M.S. (Peneliti Pusat Riset Tanaman Pangan BRIN)
????️MC: Andhalusi Arini, S.E. (Humas BRIN)

Peserta webinar adalah para pengambil kebijakan pusat dan daerah, periset, penyuluh, petani, akademisi, mahasiswa, serta penggiat sorgum.

Partisipasi dari #kawanBRIN sangat dinanti. Jangan lewatkan dan sampai jumpa!

Share