Program Studi D3 Sistem Informasi telah sukses menggelar kegiatan Webinar Kuliah Tamu untuk mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer dengan tema “UI/UX Concept in Human Computer Interaction” pada Rabu, 11 November 2020. Kegiatan webinar menghadirkan narasumber dari kalangan praltisi, yaitu Bapak Denny Wirawan yang merupakan Associate UX Designer dari Blibli. Kegiatan ini merupakan kegiatan webinar kedua yang diselenggarakan atas kerjasama Fakultas Ilmu Komputer dengan perusahaan Blibli.

Ika Nurlaili Isnainiyah, dosen mata kuliah Interaksi Manusia Komputer serta Kaprodi D3 Sistem Informasi, memaparkan bahwa kegiatan webinar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk menambah wawasan sekaligus memberikan motivasi belajar mahasiswa melalui transfer knowledge dari pihak praktisi eksternal dengan mekanisme pengajaran yang berbeda.

“Dalam bidang HCI, kenyamanan pengguna merupakan aspek yang penting dalam pembangunan aplikasi. Pengetahuan berkaitan dengan UI/UX sangat diperlukan sebagai bekal bagi lulusan yang nantinya diharapkan mampu menghasilkan berbagai program aplikasi yang menarik dan berdaya jual tinggi”, ujar Ibu Ika saat diwawancara setelah kegiatan webinar berlangsung.

Dalam kegiatan webinar, Bapak Denny Wirawan menjelaskan mengenai sejumlah proses yang perlu dilalui dalam menghasilkan sebuah desain pengalaman pengguna (UX). Proses dimulai dari discovery, research, ideation, design, implement dan evaluate. Serangkaian proses tersebut dapat melibatkan beberapa role, yaitu UX Designer, UX Researcher, UX Copywriter, UX Engineer dan UI Designer.

“Selain menguasai kemampuan teknis mengenai desain, untuk bergabung dalam UI/UX team, mahasiswa juga harus mampu menerapkan critical thinking, kemampuan problem solving, kemampuan memaparkan visualisasi desain, serta bersifat open-minded untuk mempertahankan desain dan menerima saran serta masukan” ujar Pak Denny.

Kegiatan webinar diikuti oleh sebanyak 131 peserta melalui media Zoom Meeting serta Youtube Livestream Fakultas Ilmu Komputer. Mahasiswa menyambut baik serta antusias mengikuti kegiatan webinar serta mengajukan berbagai pertanyaan seputar konsep desain serta tips dan trik untuk berkarir dalam bidang UI/UX.(Gilang/Diyah)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.