Program D-3 Sistem Informasi

1. ASPEK SIKAP
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  • Memiliki rasa nasionalisme, cinta tanah air, taat hukum, serta rasa tanggung-jawab pada negara dan bangsa.
  • Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
2. ASPEK PENGETAHUAN
  • Menguasai konsep-konsep matematika, statistika untuk memecahkan berbagai masalah komputasi.
  • Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
  • Memahami konsep-konsep metode dan model sistem dan mampu menerapkan kompleksitas sebuah sistem untuk memberikan solusi pemecahan masalah.
  • Mengetahui proses rekayasa perangkat lunak, mulai dari perancangan, implementasi, hingga ke pengujian.
  • Memiliki pengetahuan dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Menguasai konsep-konsep basis data dan mampu membangun basisdata untuk pngembangan sistem berbasis komputer.
  • Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
  • Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengelola sistem menjadi lebih efektif dan efisien 
  • Mampu merencanakan sebuah proyek pengembangan sistem dengan menggunakan metode dan teknik yang tepat.
  • Memahami bermacam-macam risiko keamanan komputer sekaligus teknik-teknik untuk menangkalnya.

3. ASPEK KETRAMPILAN UMUM

  • Mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non-teknis. 
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi ilmiah hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir.
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  • Mempunyai kemampuan dalam mendefinisikan kebutuhan pengguna atau pasar terhadap kinerja (menganalisis, mengevaluasi dan mengembangkan) algoritma/metode berbasis komputer.
  • Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi.
4. ASPEK KETRAMPILAN KHUSUS
  • Mampu merancang program, sistem, atau aplikasi untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah tertentu, menggunakan berbagai bahasa pemrograman.
  • Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
  • Memanfaatkan teknologi-teknologi di bidang informasi dan komunikasi untuk membangun website atau aplikasi pada perangkat mobile.
  • Merancang algoritma yang efisien dan efektif untuk memecahkan berbagai persoalan komputasi
  • Mampu melakukan pemrograman pada komputer berbasis mobile, berbasis web dan berbasis multimedia.
  • Mampu memodifikasi/mengembangkan aplikasi/program yang sesuai dengan proses bisnis yang dibutuhkan user
  • Mampu mengelola jaringan komputer dan lingkungankomputasi termasuk perangkat keras komputer, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi, dan semua konfigurasi
  • Mampu bekerjasama dengan manajemen Teknologi Informasi dalam merancang dan membangun jaringan komputasi perusahaan.