Perkembangan teknologi yang pesat membuat masyarakat haus akan informasi secara cepat, karena itulah perangkat mobile/bergerak mengalami perkembangan yang sangat pesat tidak hanya dari segi perangkat keras, tetapi juga dari segi perangkat lunak. Perangkat mobile sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini. Terlebih lagi banyak aplikasi yang dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi mobile merupakan sebuah perangkat lunak yang berjalan pada perangkat mobile. Aplikasi mobile dapat berupa hiburan, pembelajaran, maupun membantu pengguna dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi mobile menyediakan berbagai layanan seperti komunikasi dan pesan, audio/video, permainan, manajemen kontak dan konektivitas.

Android Jetpack

Jetpack adalah serangkaian library yang tersedia untuk membantu developer agar dapat mengikuti praktik terbaik, mengurangi kode boilerplate, serta menulis kode yang berfungsi secara konsisten di berbagai versi dan perangkat Android sehingga developer dapat berfokus pada penulisan kode yang lebih penting.

Android Jetpack merupakan sebuah inovasi dari Google yang membuat para developer Android terbantu dan cepat dalam mengembangkan sebuah Aplikasi yang berkuliatas dan tangguh dengan sekumpulan libray, tools dan panduan didalamnya.

Android jetpack dapat mengelola berbagai aktifitas seperti Background Task, Navigation dan LifeCycle dari Android itu sendiri. Androi Jetpack juga didesign cocok berjalan di Kotlin yang akan membuat hemat code dengan Android KTX-nya. Banyak library dan tools panduan yang sudah disediakan Android jetpack untuk mempermudah para developer dalam mengembangkan sebuah Aplikasi Android (https://developer.android.com/jetpack/ ) Saat ini tutorial akan fokus bahas Jetpack untuk developer pemula yang mencoba memasuki Area baru pengembangan Aplikasi Android dengan Kotlin. Target tutorial ini Anda dapat ciptakan Aplikasi Android Jetpack Simple, berkenalan dengan LiveData, Observer, lifeCycle Android dan Navigation

Dokumentasi Kegiatan

Share