Program S-1 Sistem Informasi
Program S-1 Sistem Informasi
Program Studi Sistem Informasi Program Sarjana, Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jakarta adalah salah satu Program Studi yang melaksanakan penyelenggaraan pendidikan Sarjana (S-1) dan telah memperoleh pengesahan akreditasi BAN-PT berdasarkan keputusan BAN-PT No: 2277/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019 dengan peringkat “B”, status akreditasi ini akan berakhir pada bulan Juli 2024.
Program Sarjana Sistem Informasi (SI) adalah program pendidikan tinggi yang memadukan teknologi informasi dengan konsep manajemen bisnis. Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman mendalam tentang bagaimana teknologi informasi dapat digunakan secara efektif untuk mendukung tujuan bisnis dan organisasi.
Berikut adalah deskripsi umum tentang Program Sarjana Sistem Informasi:
Kurikulum:
Mata kuliah inti meliputi konsep dasar teknologi informasi, manajemen proyek SI, analisis dan perancangan sistem, keamanan informasi, bisnis intelijen, sistem database, e-business, dan web programming.
Mata kuliah pilihan memungkinkan mahasiswa untuk mengkhususkan diri dalam bidang-bidang seperti big data, cloud computing, pengembangan aplikasi mobile, manajemen risiko TI, dan lainnya.
Metode Pembelajaran:
Gabungan antara kuliah, praktikum, studi kasus, proyek individu atau kelompok, serta magang untuk memberikan pengalaman belajar yang komprehensif.
Penggunaan teknologi terkini dan perangkat lunak dalam proses pembelajaran untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang relevan di dunia industri.
Penerapan pembelajaran bauran, menerapkan pembelajaran aktif dan interaktif yang berfokus pada peserta didik (Student Center Learning) dengan berbagai metode pembelajaran seperti Flipped Classroom, dan lain-lain)
Pengembangan Keterampilan:
Fokus pada pengembangan keterampilan teknis seperti pemrograman, pengelolaan basis data, analisis sistem, pengembangan aplikasi web dan mobile, dan administrasi jaringan.
Peningkatan keterampilan soft skills seperti komunikasi, kepemimpinan, kerja tim, manajemen waktu, dan pemecahan masalah untuk mendukung kesuksesan profesional.
Magang dan Kerja Praktek:
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja praktis dan memperluas jaringan profesional melalui magang di perusahaan atau organisasi terkait.
Magang juga menjadi ajang untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dalam lingkungan kerja yang nyata.
Kesempatan Karir:
Lulusan Program Sarjana Sistem Informasi memiliki peluang karir yang luas, termasuk sebagai analis sistem, pengembang perangkat lunak, administrator basis data, konsultan TI, manajer proyek SI, arsitek solusi TI, dan posisi-posisi terkait lainnya di berbagai sektor industri dan perusahaan.
1. ASPEK SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Memiliki rasa nasionalisme, cinta tanah air, taat hukum, serta rasa tanggung-jawab pada negara dan bangsa.
- Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
2. ASPEK PENGETAHUAN
- Menguasai konsep-konsep matematika, statistika untuk memecahkan berbagai masalah komputasi.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Memahami konsep-konsep metode dan model sistem dan mampu menerapkan kompleksitas sebuah sistem untuk memberikan solusi pemecahan masalah.
- Mengetahui proses rekayasa perangkat lunak, mulai dari perancangan, implementasi, hingga ke pengujian.
- Memiliki pengetahuan dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
- Menguasai konsep-konsep basis data dan mampu membangun basisdata untuk pngembangan sistem berbasis komputer.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengelola sistem menjadi lebih efektif dan efisien
- Mampu merencanakan sebuah proyek pengembangan sistem dengan menggunakan metode dan teknik yang tepat.
- Memahami bermacam-macam risiko keamanan komputer sekaligus teknik-teknik untuk menangkalnya.
3. ASPEK KETRAMPILAN UMUM
- Mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non-teknis.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi ilmiah hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Mempunyai kemampuan dalam mendefinisikan kebutuhan pengguna atau pasar terhadap kinerja (menganalisis, mengevaluasi dan mengembangkan) algoritma/metode berbasis komputer.
- Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi.
4. ASPEK KETRAMPILAN KHUSUS
- Mampu merancang program, sistem, atau aplikasi untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah tertentu, menggunakan berbagai bahasa pemrograman.
- Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
- Memanfaatkan teknologi-teknologi di bidang informasi dan komunikasi untuk membangun website atau aplikasi pada perangkat mobile.
- Merancang algoritma yang efisien dan efektif untuk memecahkan berbagai persoalan komputasi
- Mampu melakukan pemrograman pada komputer berbasis mobile, berbasis web dan berbasis multimedia.
- Mampu memodifikasi/mengembangkan aplikasi/program yang sesuai dengan proses bisnis yang dibutuhkan user
- Mampu mengelola jaringan komputer dan lingkungankomputasi termasuk perangkat keras komputer, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi, dan semua konfigurasi
- Mampu bekerjasama dengan manajemen Teknologi Informasi dalam merancang dan membangun jaringan komputasi perusahaan.