UKM Pencak Silat Veteran Jakarta, PSVJ diakhir periode kegiatan tahun 2023, telah mempersembahkan prestasi kembali sebagai juara umum pertama tingkat dewasa di Kejuaraan Nasional Pencak Silat Piala Kemenpora, Cilacap Championship I Tahun 2023 yang berlangsung pada 3-5 November 2023 di GOR Wijaya Kusuma Cilacap. Prestasi yang berhasil diraih adalah dengan mempersembahkan 32 keping medali yang terdiri dari 11 emas, 12 perak, dan 9 perunggu dari 22 atlet yang dikirimkan. Hal ini tidak terlepas dari peran dan strategi yang diberikan oleh ketua PSVJ, Putri Ravika Hidayat, mahasiswa Sisitem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta.

Menurut Ravika, pertandingan ini adalah kompetisi terakhir yang diikuti oleh UKM Pencak Silat di tahun 2023, sekaligus menjadi persembahan prestasi yang membanggakan diakhir periode kepengurusannya karena berhasil meraih juara pertama tingkat dewasa.

Dalam kesempatan ini, Fakultas Ilmu Komputer menurunkan 3 atlet dari 22 atlet yang dikirim UPN Veteran Jakarta melalui PSVJ, yaitu :

  1. Putri Ravika Hidayat, 2010512105, Mahasiswa Jurusan S1 – Sistem Informasi, selaku Ketua Tim dan Ketua UKM-PSVJ, mendapatkan 2 medali perak dari pertandingan Silat Beregu Putri dan kategori Tanding Silat kelas A Putri Dewasa.
  2. Ahmad Santoso, 2210512013, Mahasiswa Jurusan S1-Sistem Informasi, mendapatkan Medali Perak untuk cabang pertandingan Seni Silat Solo Kreatif Pria Dewasa.
  3. Muhammad Arief Budiman, 2210512006, Mahasiswa Jurusan S1-Sistem Informasi, meraih Medali Perunggu untuk kategori Silat Tanding Kelas G Putra Dewasa.

Persaingan pada pertandingan kali ini sangat ketat karena pertandingan ini diikuti oleh 1300 peserta dari berbagai daerah dan 1 kontingen dari TNI dalam 29 kategori yaitu Silat Tanding Putra dan Putri, Silat Solo Kreatif Putra dan Putri, Silat Seni Beregu Putra dan Putri, Silat Seni Ganda Putra Tangan Kosong, Silat Seni Tunggal Putra dan Putri Tangan Kosong, dan Silat Seni Tunggal Putra dan Putri Senjata. Meskipun di pertandingan kali ini diwarnai dengan peristiwa yang tidak diharapkan yakni pada awal kedatangn tim di Cilacap, Ravika sempat mengalami sakit serta ada beberapa atlit yang cedera dalam pertandingan, namun hal ini tidak menyurutkan langkah atlit pencak silat UPN Veteran Jakarta untuk terus meraih prestasi dan kemenangan. Terimakasih atas dukungan UPNVJ, Rektorat dan khususnya Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan, Dr.dr. Ria Maria Theresa, Sp.KJ., M.H, Tim AKPK, Pelatih dan segenap Official pendukung lainnya. Bravo PSVJ (M Bayu W, Pembina UKM PSVJ).

Share