Jakarta, 24 Januari 2024. Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) menyelenggarakan pencananganan implementasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel RA Suites Simatupang, dan turut hadir oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Henry B H Sitorus, S.T., M.T, dan dihadiri oleh Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu Satria Yudhia W., S.E., MS. Ak dan Pimpinan FIK UPNVJ serta para dosen FIK. Selain dari internal UPNVJ, dihadiri juga mitra kerjasma dari PT Saras.

Zona Integritas (ZI) juga merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada instansi, kementerian, dan lembaga yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Agenda pencanangan dilengkapi  dengan komitmen para pimpinan dalam implementasi ZI melalui penandatanganan komitmen bersama. Dalam sambutan Dekan FIK UPNVJ, Prof. Supriyanto mengatakan bahwa implementasi ZI di FIK UPNVJ telah dimulai sejak tahun 2021, pada saat itu, baru FIK yang menerapkan ZI, sehingga rektor UPNVJ menugaskan FIK untuk menjadi leader dalam implementasi ZI di UPNVJ, hingga semua fakulas di UPNVJ mengimplementasikan ZI. Pada tahun 2023, komitmen implementasi ZI telah bergabung semua Fakultas di UPNVJ. Sebagai leader implementasi Zim FIK telah mendapatkan sertifikat pengakuan Pembangunan ZI tersebut, dan layak dijukan ke pengakuan pada Kementerian PAN RB.

Beliau menambahkan bahwa Kementerian PAN RB belum dapat memberikan pengakuan pada tahun 2024 ini, namun komitmen implementasi ZI harus terus digelorakan. Untuk itu pimpinan FIK UPNVJ dengan disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu mencanangkan Kembali komitmen implementasi ZI pada awal tahun 2024, dengan harapan proses perubahan dan perbaikan terus berjalan di lingkungan FIK UPNVJ. Wakil Rektor Bidang Akademik memberikan apresiasi kepada komitmen FIK dalam implementasi ZI. Beliaupun menyatakan  dukungan dengan membubuhkan tanda tangan pakta integritas.

Pada akhir acara pimpinan dan dosen FIK UPNVJ menyatakan komitmen Bersama melalui slogan FIK Agen Perubahan, FIK Berintegritas, FIK Melayani. Komitmen untuk menjadi lebih baik semoga terinternalisasi pada semua dosen dan tenaga kependidikan sehingga dapat memberikan layanan prima kepada semua stakeholder terutama mahasiswa.

Share