FIK UPNVJ – Bandung, 13 September 2024Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jakarta dan Binus University mendapatkan Hibah Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2024 dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat. Program ini berfokus pada peningkatkan potensi wisata kuliner lokal, khususnya Kampung Wisata Kuliner RW 4 Haurpancuh II Bandung. Lokasi ini memiliki ragam kuliner lokal dan daerah lain, akan tetapi masih membutuhkan perhatian khusus dalam promosi.

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM kuliner khususnya untuk mengembangkan usaha mereka dengan memanfaatkan teknologi, sehingga produk mereka dapat dikenal lebih luas lagi. Tim pengabdian menggunakan Framework RACE (Reach, Act, Convert, Engage) sebagai metode untuk strategi pemasaran digital yang digunakan untuk merencanakan dan mengelola aktivitas pemasaran secara efektif melalui berbagai tahap siklus kehidupan pelanggan.

Berdasarkan Framework yang digunakan diberikan beberapa pelatihan seperti pelatihan Branding Produk, Pelatihan Website, Pelatihan Manajemen Pemasaran, Pelatihan Penataan Ruang atau Lokasi, dan Pelatihan Manajemen Keuangan.

Materi pertama adalah pelatihan Branding produk, yang berisi cara memilih logo, warna, dan kemasan produk yang akan menarik perhatian konsumen. Materi disampaikan oleh Abdul Aziz S.Sn., M.Med.Kom. yang merupakan ahli di bidang desain. Beliau adalah dosen program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Bina Nusantara. Dalam materinya meliau menyampaikan bahwa logo yang sederhana tapi menarik dapat mudah diingat oleh konsumen. Guna menambah nilai jual pengemasan produk perlu dipertimbangkan. Meskipun rasa tetap menjadi hal yang utama untuk bidang kuliner. Konsistensi logo dan kemasan sangat penting, karena pembeli yang hanya berkunjung beberapa kali saja ke Bandung. Ketika mereka kembali, mereka akan mencari bentuk kemasan yang sama.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Widayani Wahyuningtyas, SE, MM. Dosen Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta. Beliau menyampaikan materi mengenai Manajemen Pemasaran dan Keuangan. Beliau membahas strategi pemasaran dan keuangan untuk UMKM kuliner.

Selanjutnya, Ketua Pengabdian yaitu Zatin Niqotaini, S.Tr.Kom., M.Kom. yang merupakan dosen Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jakarta, memberikan Pelatihan media sosial dan website. Beliau membahas cara pembuatan konten yang menarik, penggunaan media sosial dan website sebagai sarana promosi yang telah disiapkan tim pengabdian untuk kampung wisata kuliner RW 4 Haurpancuh II. Pelaku usaha juga diberikan cara mempertahankan hubungan dengan pengunjung melalui program loyalitas, pembaruan konten secara berkala, dan event kuliner yang menarik.

Selama dua hari pelaksanaan program ini, warga RW 4 Haurpancuh II mendapatkan wawasan tentang pemasaran digital, yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dari sektor wisata kuliner. Program ini juga berperan dalam meningkatkan kemampuan teknologi digital bagi pelaku usaha kecil di wilayah tersebut, membuka peluang ekonomi baru, serta memperluas popularitas Kampung Wisata Kuliner sebagai destinasi yang lebih dikenal.

Foto Bersama Pelatihan Digitalisasi Promosi Kampung Wisata Kuliner

Kerja sama antara UPN “Veteran” Jakarta dan Binus University ini menunjukkan bagaimana institusi pendidikan bisa berperan langsung dalam membangun serta memberdayakan masyarakat. Program ini tidak hanya meningkatkan kemampuan digital masyarakat setempat, tetapi juga merupakan langkah konkrit menuju terciptanya ekonomi kreatif yang berkelanjutan di Indonesia.

Dengan dukungan dari DRTPM KEMENDIKBUDRISTEK melalui skema hibah pemberdayaan berbasis masyarakat tahun 2024, diharapkan inisiatif ini bisa menjadi contoh bagi pengembangan kampung wisata kuliner di berbagai wilayah Indonesia. Dengan demikian, semakin banyak daerah yang dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan potensi lokal mereka.

Share