Jakarta, 27 Februari 2024, Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) mengadakan kegiatan Sosialisasi Update Data Dosen pada Aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jakarta pada pukul 14.00 WIB.

Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh PLT. Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerja Sama (AKPK) Ibu Dra. Intan Hesti Indriana, MM beserta tim, kemudian Bapak Putu dari Tim Kepegawaian dan Bapak Fajar dari Tim LP2M UPN “Veteran” Jakarta, Ibu Ati Zaidiah, S.Kom, MTI. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FIK, Ibu Anita Muliawati, S.Kom. M.TI selaku Ketua Jurusan dan Kaprodi S1 Sistem Informasi, Bapak Rio Wirawan, S.Kom., MMSI. selaku Kaprodi D3 Sistem Informasi, dan seluruh Dosen Tetap Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jakarta.

Kegiatan Sosialisasi ini bukan hanya terkait Update Data Dosen pada Aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) saja, melainkan dengan update untuk pendukung pengisian Indikator Kinerja Utama (IKU). Fokus utama yang menjadi perhatian adalah pemenuhan IKU 3, 4 dan 5. IKU 3 terkait dengan data dosen yang mengajar di Luar Negeri, misalnya Dosen yang mengajar di Luar Negeri dari Fakultas Ilmu Komputer yaitu Ibu Ika Nurlaili, S.Kom., M.Sc dan Dr. Tjahjanto, S.Kom.,MM. Keduanya pernah memberikan materi perkuliahan untuk Universitas yang ada di Luar Negeri melalui kuliah Umum dan Audiensi Umum. Selanjutnya IKU 4 contohnya adalah untuk pengisian data Dosen Praktisi yang mengajar di FIK semester genap tahun 2022-2023 dan semester ganjil 2023-2024, semua Dosen praktisi dimasukkan data-datanya untuk pemenuhan IKU 4.

Kegiatan Sosialisasi Update Data Dosen pada Aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) ini terkait dengan pemenuhan Beban Kerja Dosen (BKD) yang dilakukan melalui SISTER dan disinkronisasikan dengan Science and Technology Index (SINTA), sehingga data publikasi dapat langsung terintegrasi ke SISTER. Dosen akan melakukan pengisian data SISTER berupa pencapaian peningkatan mutu dosen yang telah dilakukan selama satu semester, seperti sertifikasi, pelatihan, penelitian, pengabdian atau kegiatan Tri Dharma yang lainnya baik di dalam dan khususnya di luar Perguruan Tinggi sebagai tambahan untuk fokus pengisian IKU.  

Selanjutnya Ibu Anita Muliawati, S.Kom. M.TI, selaku Ketua Jurusan dan Kaprodi S1 Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jakarta, mengungkapkan harapannya dengan diadakan kegiatan ini seluruh Dosen dapat berkontribusi sehingga pencapaian IKU dapat terpenuhi 100%. Namun ada beberapa kendala seperti beberapa data Dosen rekognisi dan Dosen praktisi yang terkadang tidak terekam (record), dan tidak terdapat Surat Tugas atau Surat Keputusan dari Universitas yang dituju. Semua kendala yang ada sedang diusahakan untuk diselesaikan sehingga dapat memenuhi standar IKU tersebut. (YC)

Share