Program S-1 Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi Program Sarjana, Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jakarta adalah salah satu Program Studi yang melaksanakan penyelenggaraan pendidikan Sarjana (S-1) dan telah memperoleh pengesahan akreditasi BAN-PT berdasarkan keputusan BAN-PT No: 2277/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019 dengan peringkat “B”, status akreditasi ini akan berakhir pada bulan Juli 2024.
Program Sarjana Sistem Informasi (SI) adalah program pendidikan tinggi yang memadukan teknologi informasi dengan konsep manajemen bisnis. Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman mendalam tentang bagaimana teknologi informasi dapat digunakan secara efektif untuk mendukung tujuan bisnis dan organisasi.
Berikut adalah deskripsi umum tentang Program Sarjana Sistem Informasi:
Kurikulum:
  1. Mata kuliah inti meliputi konsep dasar teknologi informasi, manajemen proyek SI, analisis dan perancangan sistem, keamanan informasi, bisnis intelijen, sistem database, e-business, dan web programming.
  2. Mata kuliah pilihan memungkinkan mahasiswa untuk mengkhususkan diri dalam bidang-bidang seperti big data, cloud computing, pengembangan aplikasi mobile, manajemen risiko TI, dan lainnya.
Metode Pembelajaran:
  1. Gabungan antara kuliah, praktikum, studi kasus, proyek individu atau kelompok, serta magang untuk memberikan pengalaman belajar yang komprehensif.
  2. Penggunaan teknologi terkini dan perangkat lunak dalam proses pembelajaran untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang relevan di dunia industri.
  3. Penerapan pembelajaran bauran, menerapkan pembelajaran aktif dan interaktif yang berfokus pada peserta didik (Student Center Learning) dengan berbagai metode pembelajaran seperti Flipped Classroom, dan lain-lain)
Pengembangan Keterampilan:
  1. Fokus pada pengembangan keterampilan teknis seperti pemrograman, pengelolaan basis data, analisis sistem, pengembangan aplikasi web dan mobile, dan administrasi jaringan.
  2. Peningkatan keterampilan soft skills seperti komunikasi, kepemimpinan, kerja tim, manajemen waktu, dan pemecahan masalah untuk mendukung kesuksesan profesional.
Magang dan Kerja Praktek:
  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja praktis dan memperluas jaringan profesional melalui magang di perusahaan atau organisasi terkait.
  2. Magang juga menjadi ajang untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dalam lingkungan kerja yang nyata.
Kesempatan Karir:
Lulusan Program Sarjana Sistem Informasi memiliki peluang karir yang luas, termasuk sebagai analis sistem, pengembang perangkat lunak, administrator basis data, konsultan TI, manajer proyek SI, arsitek solusi TI, dan posisi-posisi terkait lainnya di berbagai sektor industri dan perusahaan.

Profil Lulusan

Program Studi S1 Sistem Informasi memiliki tiga jalur peminatan, yaitu:
  1. Pengembangan Aplikasi adalah menciptakan solusi perangkat lunak yang dapat memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan pengguna dengan efektif dan efisien. Prospek kerja sebagai Pengembangan Aplikasi diantaranya adalah sebagai: Pengembang Aplikasi Mobile, Pengembang Aplikasi Web, Pengembang Aplikasi Berbasis Cloud, Pengembang Aplikasi IoT, Pengembang Aplikasi Desktop, Pengembang Aplikasi Cross-Platform, Spesialis Keamanan Aplikasi selain itu untuk pengembang aplikasi dalam berbagai sektor industri seperti keuangan, kesehatan, e-commerce, pendidikan, perhotelan, dan lain-lain.
  2. Analisis Data adalah untuk mengekstraksi makna yang tersembunyi, mengidentifikasi pola atau tren, dan membuat keputusan yang didukung oleh bukti-bukti yang ditemukan dalam data. Prospek kerja sebagai Analisis Data diataranya adalah sebagai: Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, Business Intelligence (BI) Developer, Data Architect, Machine Learning Engineer, Big Data Engineer, Data Visualization Specialist, Data Mining Specialist.
  3. Audit Teknologi Informasi untuk mengevaluasi keefektifan, keamanan, keandalan, dan ketersediaan sistem dan infrastruktur TI organisasi tersebut. Prospek kerja sebagai Analisis Data diataranya adalah sebagai: Internal Auditor TI, Eksternal Auditor TI, Konsultan Keamanan TI, Peneliti Keamanan TI, Manajer Audit TI, Auditor Kepatuhan Regulasi, Analisis Risiko TI, Manajer Keamanan Informasi.