Pada tanggal 9 dan 10 Mei 2024, FIK UPN “Veteran” Jakarta melakukan kegiatan pelatihan digital marketing kepada UMKM Kampung Wisata Kuliner Rw 4 Haurpancuh II Bandung. Pelatihan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan promosi kampung wisata kuliner Haurpancuh II.

Bertempat di Posyandu Flamboyan Rw 4 Haurpancuh II, kegiatan dihadiri oleh 15 orang pegiat UMKM bidang kuliner yang berjualan di sekitar Kampung Wisata Kuliner. Pelatihan dibagi ke dalam tiga sesi, dan diisi dengan materi dan pemateri yang berbeda.

Sesi pertama membahas mengenai branding produk yang disampaikan oleh Zatin Niqotaini, S.Tr.Kom., M.Kom. Peserta diberikan pelatihan mengenai branding produk secara digital melalui media sosial. Tujuan dari materi ini adalah untuk meningkatkan promosi produk dengan memanfaatkan branding di media sosial.

Pemateri kedua, Kharisma Wiati Gusti, M.T., menyampaikan materi mengenai teknik foto produk dan pemanfaatan media yang ada untuk menghasilkan foto produk yang dapat menarik perhatian pengguna media sosial, sekaligus meningkatkan penjualan. Materi dilanjutkan dengan memperkenalkan cara penggunaan media sosial sebagai media promosi untuk produk peserta oleh Nindy Irzavika, S.SI., M.T. Pada sesi ini peserta diajari cara menggunakan media sosial media, mulai dari membuat akun, memposting foto atau video produk, melakukan live untuk promosi dan penjualan secara online.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian Pengabdian kepada Masyarakat dengan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, dengan pelaksanaan di tempat lain, yaitu daerah Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan program hibah internal UPN “Veteran” Jakarta dengan skema kolaborasi. Dalam hal ini FIK melakukan kolaborasi dengan Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jakarta, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UPN “Veteran” Jawa Timur, dan Fakultas Arsitektur dan Desain UPN “Veteran” Jawa Timur.

Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat membantu pada pegiat UMKM untuk mempromosikan produk mereka dengan melakukan branding di media sosial. Kegiatan ini akan mendapatkan monitoring dan evaluasi lanjutan mengenai perkembangan promosi di media sosial mereka.

Share