Pulau Pinang, 1 Juni 2024. Bersamaan dengan peringatan hari lahir Pancasila, Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) tingkat internasional untuk berbagi ilmu tentang literasi digital kepada anak-anak Indonesia yang tinggal di Penang, Malaysia. Kegiatan bertajuk “Community Service: Enhancing the Digital Literacy in Society 5.0 Era” ini merupakan bentuk implementasi bela negara yang menjadi identitas UPN “Veteran” Jakarta. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anak-anak dalam menggunakan teknologi digital secara aman dan bertanggung jawab.

Presiden Pertubuhan Masyarakat Indonesia (PERMAI) Pulau Pinang, Eddy Virgo mengungkapkan apresiasinya kepada rombongan dari UPN “Veteran” Jakarta yang telah sudi berbagi ilmu dengan anak-anak yang tidak dapat berkesempatan sekolah ini. Beliau mengatakan bahwa anak-anak WNI yang belajar di Sanggar Belajar Permai Pulau Pinang berjumlah lebih dari 60 orang, yang datang ke sini untuk belajar. Mereka kurang beruntung karena tidak dapat mengenyam bangku sekolah. Untuk itu PERMAI telah menginisiasi sanggar untuk pendidikan mereka. Saat ini telah ada 48 sanggar di seluruh Malaysia, ungkapnya.

Dekan FIK UPN “Veteran” Jakarta, Prof. Dr. Ir. Supriyanto, S.T., M.Sc., IPM, yang hadir dan menyampaikan sambutan mengatakan bahwa literasi digital sangat penting diajarkan sejak dini kepada generasi muda. “Anak-anak saat ini tumbuh di era digital, oleh karena itu mereka perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai agar dapat memanfaatkan teknologi dengan bijak,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Wakil Dekan Bidang Akademik UPN “Veteran” Jakarta, Ibu Erly Krisnanik, S.Kom., MM. memberikan materi tentang penggunaan teknologi untuk pembelajaran dan etika menggunakan media digital. Selain itu, tim Abdimas juga mengajarkan cara belajar melalui platform digital yang kreatif dan edukatif untuk membantu anak-anak belajar berhitung, mengenal kosakata bahasa Inggris, serta konsep-konsep dasar lainnya.

Salah satu peserta, Aleeya (7), mengungkapkan rasa senangnya mengikuti kegiatan ini. “Saya jadi bisa menggunakan handphone untuk belajar. Sekarang saya jadi senang untuk belajar berhitung,” katanya.

Kegiatan Abdimas internasional bertemakan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian FIK UPN “Veteran” Jakarta terhadap perkembangan anak-anak Indonesia, baik di dalam maupun luar negeri. Kegiatan ini diselenggarakan di Sanggar Belajar Permai Pulau Pinang di Kawasan Bukit Jambul Penang. Kegiatan ini merupakan kolaborasi anatara FIK UPN “Veteran” Jakarta, PERMAI Pulau Pinang, Persatuan Pelajar Indonesia Universiti Sains Malaysia (PPI USM) Pulau Pinang, dan Pusat NAv6 Universiti Sains Malaysia (USM).

Peserta kegiatan merupakan anak-anak dari para TKI di yang berada di Penang, Malaysia. Beberapa dari mereka didampingi oleh orang tua untuk mendapatkan ilmu baru berkaitan dengan teknologi. Diharapkan, kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan di masa mendatang untuk menjangkau lebih banyak anak-anak dan membantu mereka menjadi generasi yang cerdas secara digital sehingga tidak menjadi korban teknologi.

Share