Desa Rawapanjang memiliki puluhan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dengan produk yang dihasilkan yaitu hasil bumi, makanan dan minuman sangat didukung oleh pemerintah daerah, Penggunaan media digital sebagai belum maksimal dengan konten yang seadanya hal ini berpengaruh kepada transaksi penjualan produk. Pemasaran produk berbasis digital (digital marketing) menggunakan berbagai media seperti blog, website, email dan media social sangat penting karena hal ini dapat mempercepat informasi mengenai produk dan bisnis yang menghasilkan transaksi yang cepat. Untuk memasarkan produk berbasis digital membutuhkan foto produk, deskripsi produk yang jelas agar konsumen memperoleh informasi yang jelas dan benar mengenai produk yang dipasarkan. Dalam memanfaatkan teknologi sebagai media promosi suatu produk membutuhkan kreatifitas agar pesan-pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada calon pembeli salah satunya pemanfaatnya Fotografi.
Adanya peluang yang ada, memberikan inspirasi kepada Universitas Pembangunana Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) untuk mengadakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Hadir dosen Fakultas Ilmu Komputer (FIK) terdiri dari Ruth Mariana Bunga Wadu sebagai ketua dan tim yang terdiri dari Muhammad Bayu Wibisono, Kragusteeliana dan Aniek Irawati serta mahasiswa ke desa Rawapanjang untuk menindaklanjuti PKM tahun 2024 ini sebagai suatu program berkelanjutan dengan harapan desa Rawapanjang dapat menjadi role model desa yang akan menjadi contoh perubahan dari desa biasa menjadi desa cerdas dalam konsep desa digital.
PKM saat ini merupakan PKM seri desain dan pemasaran dengan teknologi digital, dengan tema” Bimbingan Teknik Fotografi untuk Produk UMKM berbasis Digital di Desa Rawapanjang Kabupaten Bogor. Berharap dengan PKM ini masyarakat desa Rawapanjang dapat menghasilkn foto produk yang transparan, menarik dan memotivasi pembeli untuk membeli produk. Pelatihan ini berupa pelatihan tentang teknik fotografi, Pencahyaan dan Penggunaan media fotografi berupa handphone dan mini studio.
Pelatihan ini diikuti oleh masyarakat yang sudah memiliki produk yaitu UMKM maupun yang ingin menjual produk baru, mempunyai peluang untuk dapat memasarkan produk dan menarik minat konsumen. Produk yang dipasarkan diharapkan memberikan informasi yang jelas sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi dan lapangan pekerjaan masyarakat Desa Rawapanjang. Akhir dari kegiatan berupa meningkatnya pengetahuan dan wawasan masyarakat dalam bidang ekonomi kreatif dengan teknologi digital dan masyarakat dapat lebih mandiri dan sejahtera melalui foto produk yang menarik dan kreatif.
(penulis : Ruth M Bunga Wadu)